Kebakaran Warteg di Jakut Merambat ke Gudang: Kronologi dan Dampaknya

Kebakaran hebat melanda sebuah warung tegal (warteg) di kawasan Jakarta Utara pada Senin malam (7/8/2024). Api yang awalnya hanya berkobar di warteg tersebut, dengan cepat merambat ke sebuah gudang di dekatnya, menyebabkan kerusakan parah dan kepanikan di sekitar lokasi kejadian.

Kronologi Kejadian

Menurut keterangan saksi mata, kebakaran bermula sekitar pukul 22.30 WIB. Warteg yang terletak di Jalan Mangga Dua Raya itu sedang dalam keadaan tutup ketika api mulai berkobar. Salah satu warga yang berada di sekitar lokasi mengatakan, “Saya melihat asap tebal keluar dari bagian dapur warteg, lalu dalam beberapa menit api sudah membesar dan melahap seluruh bangunan.”

Warga yang melihat kejadian tersebut langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Gudang yang terbakar diketahui milik sebuah perusahaan distributor makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan api semakin sulit untuk dikendalikan.

Upaya Pemadaman

Petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi harus bekerja ekstra keras untuk memadamkan api yang terus merambat. Mereka mengerahkan sedikitnya 12 unit mobil pemadam untuk memadamkan api yang sudah menjalar ke gudang tersebut. Pemadaman dilakukan hingga larut malam, dan akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB.

“Kami sempat kesulitan memadamkan api karena kondisi angin yang cukup kencang dan material di gudang yang sangat mudah terbakar,” ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Budi Hermawan.

Dampak Kebakaran

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Warteg dan gudang tersebut hangus terbakar, hanya menyisakan puing-puing.

Selain itu, kebakaran ini juga menyebabkan kepanikan di sekitar lokasi. Beberapa rumah warga di sekitar warteg sempat terancam oleh kobaran api, namun beruntung api berhasil dijinakkan sebelum menyebar lebih jauh. Warga yang tinggal di sekitar lokasi sempat dievakuasi oleh petugas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyelidikan Lanjutan

Hingga berita ini diturunkan, pihak berwenang masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. Dugaan sementara menyebutkan bahwa kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik di dapur warteg. Namun, kepolisian masih akan mendalami kasus ini lebih lanjut untuk memastikan penyebab sebenarnya.